Minggu, 15 September 2013

ALASAN MEMILIH JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

ALASAN MEMILIH JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN
Oleh: Nurmatias
 Saya merupakan orang yang memiliki minat belajar pada pelajaran eksak seperti matemetika, fisika dan kimia walau pun tidak terlalu unggul pada bidang tersebut  tapi saya memiliki ke tertarikan,bukan berarti saya membenci mata pelajaran yang lain yang  non eksak seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan pelajaran lainnya, hanya saja saya lebih memiliki semangat belajar  yang lebih saat belajar matematika, fisika dan kimia.
Pada masa SMA sebenarnya saya masih kebingungan untuk memilih jurusan untuk masa kuliah kelak. Saya mulai mencoba mencari informasi tentang jurusan-jurusan yang memiliki pelajaran utamanya matematka, fisika, dan kimia.  Rupanya jurusan  teknik cocok untuk saya yang memiliki minat pada pelajaran eksak. Jurusan teknik memikat hati saya, saya sangat tertarik untuk masuk dan kuliah di jursan teknik, untuk itu saya terus mencari informasi – informasi tentang jurusan teknik.
Jurusan teknik memiliki banyak cabang, seperti : teknik elektro, teknik sipil, teknik kimia, teknik pertambangan, teknik lingkungan, arsitektur, teknik komputer, teknik metalaurgi , dan masih banyak lainnya. Sehingga saya kembali bingung  jurusan tersebut rupanya masih banyak juga pembagiannya. Saya mulai berkonsultasi kepada teman, ada yang menyarankan masuk elektro ada pula yang menyarankan masuk teknik mesin, tetapi semuanya teserah kepada saya juga karenanya  saya yang akan menjalaninya.
Saya mulai mencari Perguruan Tinggi Negri dan jurusan – jurusan tekniknya, dan saya terheran melihat sedikitnya Perguruan Tinggi Negri yang memiliki jurusan teknik pertambangan, mungkin itulah awal ketertarikan saya terhadap jurusan teknik pertambangan.
Jurusan teknik pertambangan memiliki beberapa keuntungan dari jurusan teknik lainnya diantaranya:
·         Teknik pertambangan termasuk jurusan yang sedikit di Indonesia
·         Pertambangan adalah induk dari segala perkembangan teknologi di dunia ini, karena kita tidak akan bisa hidup tanpa bahan tambang dan kita tidak akan menikmati teknologi saat ini seperti : hand  phone, labtop, lampu, mobil dan semen tanpa hasil dari pertambangan
·         Gaji fresh graduate untuk pertambangan sekitar minimal > 5 juta rupiah
·         Negara Indonesia kaya akan bahan pertambangan, gas alam, dan perminyakan sehingga sarjana pertambangan akan sangat di butuhkan
Karena itulah saya berminat masuk ke jurusan teknik pertambangan, dan keputusan saya semakin yakin saat dukungan dari orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar