Rabu, 21 November 2012

5 Langkah Atasi Cemburu

Yang namanya pacaran memang nggak lepas dari rasa cemburu. Rasanya kesal plus gregetan saat lihat pacar asyik mengobrol sama teman ceweknya. Obrolan yang biasa-biasa saja itu bakal terlihat jadi lebih mesra di mata kita, saat hati sudah tertutup cemburu. 

Daripada ‘makan hati’, dan stres sendiri menghadapi perasaan ini, lebih baik kita taklukan saja dengan cara:

  1. Cari tahu dulu apa yang bikin kita cemburu. Apakah teman ceweknya yang lebih cantik? Atau kita iri melihat pacar nyaman ngobrol sama cewek lain yang punya hobi sama? Apa pun itu, kalau kita tahu dengan benar alasan kita cemburu, maka akan lebih mudah pula mencari trik untuk mengatasinya.
  2. Stop membandingkan diri! Biasanya alasan yang keluar dari poin pertama di atas adalah, karena kita sibuk membandingkan diri dengan orang/cewek lain. Ingatlah, setiap orang itu dianugerahi kelebihan yang berbeda-beda. So, cari kelebihan diri yang bisa membuat kita yakin bahwa kita pacar yang pantas untuk dipertahankan.
  3. Hargai diri dengan berhenti menyakiti perasaan sendiri. Ingat-ingat saja, saat kita sedang cemburu, rasa apa yang ada di dalam hati? Sakit, kecewa, bahkan bikin stres juga. Kenapa membiarkan diri kita ‘dijajah’ sama perasaan negatif ini?
  4. Komunikasi sama si dia. Kalau memang menurut kita, rasa jealous itu ada karena sifat si dia yang kelewat ganjen, cobalah buat ngobrol langsung dengannya. Ingat, mengobrol ya, bukan melabrak. Kalau kita bisa mengungkapkan apa yang kita rasakan secara baik-baik, dia juga akan menjawab dengan baik pula.
  5. Review lagi hubungan kita dengannya, kalau selama ini masalah yang sering muncul di hubungan kita adalah ‘cemburu-cemburuan’. Karena dalam sebuah hubungan, pondasi utama adalah kejujuran dan rasa percaya. Adakah dua hal itu ada dalam hubungan kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar